Thursday, October 15, 2015

Download NetBeans For Windows/Linux/Mac OS X

Download NetBeans + JDK for Windows
NetBeans IDE version 8.0.2 yang dapat kita gunakan untuk membuat/menulis kode bahasa pemrograman Java yang dapat di install pada berbagai Sistem Operasi

NetBeans adalah salah satu software yang wajib kamu miliki jika kamu sekolah atau kuliah di jurusan Informasi Teknologi (IT). Software yang diciptakan oleh Sun Microsystem  ini telah mempunyai banyak pengguna sekaligus pengembang. Sejauh ini NetBeans telah mencapai versi 8.0.2 dengan jumlah download lebih dari 18 Juta. Yang paling penting software NetBeans ini Free atau Gratis! Tersedia untuk Sistem Operasi Windows, Max OS X, Linux dan Sistem Operasi Independen. NetBeans dibagi menjadi dua buah versi. NetBeans IDE dan NetBeans Platform.

Jika kamu sedang belajar bahasa pemrograman dan menggunakan Windows, baik Windows XP, Windows 7 dan Windows 8 maka tidak akan menemui kesulitan dalam installing NetBeans. Begitu juga jika kamu menggunakan Mac OS X. Berbeda hal jika kamu menggunakan sistem operasi Linux, kamu akan sedikit berusaha untuk dapat memasang/install NetBeans.

NetBeans sangat mudah digunakan karena adanya fitur drop and drag. Dengan kemudahan dan berbagai fitur yang disematkan di dalam NetBeans inilah, banyak orang baik praktisi, pengamat dan indepen lebih memilih menggunakan NetBeans dalam urusan koding sebuah project. Kita tidak lagi disulitkan oleh kode-kode yang memusingkan. Beberapa bahasa program yang dapat dibangun di NetBeans adalah PHP, C/C++, Java, JavaScript, JavaFX dan masih banyak lagi.

Fitur tersebut hampir sama dengan yang dipunyai oleh Notepad++, namun Notepad++ membutuhkan sebuah Jdk atau Java yang sudah terpasang/installed di dalam sistem operasi agar Notepad++ dapat menjalankan program yang kita buat.  Berbeda dengan NetBeans, NetBeans telah dibekali dengan Jdk atau Java yang bila mana NetBeans terpasang/installed maka secara otomatis Jdk atau Java telah ikut terpasang.

Sedikit informasi:
Jika kamu kuliah di STMIK Amikom Yogyakarta khususnya jurusan Sistem Informasi maka kamu akan menggunakan NetBeans untuk membuat program dengan Bahasa Java. Kamu akan menggunakan NetBeans dalam mata kuliah bernama Bahasa Pemrograman II di semester IV (empat). Jadi persiapkan diri kamu atau curilah start dari teman-teman kalian untuk menggunakan NetBeans.

Berikut saya sajikan kepada teman-teman sebuah link download NetBeans sesuai dengan Sistem Operasi (OS) yang teman-teman gunakan. Ingat, download NetBeans IDE jika kita akan menggunakannya untuk belajar atau membuat program.

Download NetBeans IDE For Windows NetBeans IDE + JDKDownload NetBeans IDE For Mac OS X NetBeans IDE + JDKDownload NetBeans IDE For Linux x86/x64 NetBeans IDE + JDK 

0 comments

Post a Comment

Blog Archive