Friday, October 16, 2015

Cara Install Wireshark di Linux Terbaru

Cara install Wireshark di Linux
Download and Install Wireshark
Wireshark adalah salah satu software yang digunakan untuk menganalisa sebuah jaringan internet. Wireshark bekerja dengan mengambil atau capture sebuah paket yang berjalan di sebuah jaringan nirkabel seperti jaringan wifi.  Dengan menggunakan Wireshark kita dapat merekam lalu lalang sebuah paket yang dikirim oleh server ke client. Sehingga pengguna Wireshark dapat merekam ID dan Password yang sama-sama menggunakan jaringan wifi.

Wireshark bisa digunakan untuk melakukan tindakan ilegal dan sangat berbahaya bila mana digunakan untuk mencuri ID dan Password user lain. Jadi gunakanlah Wireshark untuk kepentingan yang positif seperti mempelajari sebuah jaringan komputer.

Wireshark dapat digunakan atau diinstall pada sistem operasi seperti Linux, Mac OS X dan Windows. Software analis jaringan ini gratis dan open source. Jika kamu pengguna Mac OS X atau Windows maka sangat mudah untuk dapat memasangnya. Hal tersebut juga berlaku untuk pengguna Linux namun dengan beberapa konfirugrasi. Pada post inilah akan saya tuliskan bagaimana cara install Wireshark di Kali Linux.

Pertama kamu harus download Wireshark di website resminya. Klik link berikut untuk mulai mengunduh Wireshark (Pengguna Windows dan Mac OS X) Download Wireshark for Windows and Mac OS X
Download yang versi stable sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.
Dalam praktik instalasi Wireshark untuk Linux saya menggunakan Kali Linux (Debian Wheezy).
Untuk memulai instalasi langsung saja bisa dengan menggunakan perintah di terminal. Ketikkan perintah berikut.

apt-get install wireshark

Tunggu sampai pemasangan Wireshark selesai. Sangat mudah bukan? Nah jika kamu mengalami kesulitan, silahkan berkomentar.

0 comments

Post a Comment

Blog Archive